Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal EMA: Ekonomi Manajemen Akuntansi menerima naskah yang belum pernah di publikasikan terutama dalam bidang:

  1. Ekonomi
  2. Akuntansi
  3. Manajemen SDM
  4. Manajemen Operasi
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Manajemen Keuangan

 

Section Policies

FAKULTAS EKONOMI

JURNAL FAKULTAS EKONOMI

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Review double-Peer tentang EMA:

  • Setiap naskah yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu tulisan dan cakupan topiknya apakah sesuai dengan pedoman atau tidak.
  • Jika topiknya tidak sesuai, maka akan ditolak. Jika ada kesalahan penulisan, editor akan memberitahu penulis untuk merevisi dan mengirimkannya kembali.
  • Untuk review awal, editor akan menugaskan dua reviewer yang ahli di bidang penelitian naskah. Ini merupakan blind review, dengan waktu satu minggu untuk review.
  • Jika kedua reviewer merekomendasikannya untuk melangkah lebih jauh, editor akan meminta penulis untuk merevisi catatan mereka sebagai catatan pengulas.
  • Jika salah satu reviewer menolaknya, reviewer lainnya akan ditugaskan. Penulis diberi waktu dua minggu untuk melakukannya dan mengirimkannya kembali.
  • Untuk review putaran kedua, editor akan menugaskan kembali reviewer yang sama, yang memberikan catatan koreksi untuk mereview naskah yang telah direvisi selama satu minggu yang juga merupakan blind review.
  • Jika reviewer masih kurang puas dengan revisi, maka editor akan meminta kembali penulis untuk merevisi kembali sesuai permintaan.
  • Sebaliknya, jika semua reviewer senang dan dapat menerima revisi, editor akan melanjutkan ke tahap editing sebelum publikasi.

 

Publication Frequency

Jurnal EMA terbit dalam satu tahun sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan Juni dan Desember dengan jumlah sebanyak 8 artikel di setiap volume.

 

Open Access Policy

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) memberikan akses terbuka langsung pada isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik serta mendukung pertukaran pengetahuan secara global sesuai perkembangan jaman dan kemajuan teknologi saat ini.

Jurnal ini mematuhi praktik dan standar penerbitan serta mematuhi ketentuan berikut:

  1. Menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
  2. Memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  3. Menyimpan konten dengan program preservasi atau pengarsipan digital jangka panjang.
  4. Menggunakan DOI sebagai pengidentifikasi permanen.
  5. Menyematkan informasi lisensi CC yang dapat dibaca mesin dalam artikel.
  6. Mengizinkan penggunaan ulang dan pencampuran konten, sesuai dengan lisensi CC BY-SA.
  7. Memberikan metadata tingkat artikel untuk semua pengindeks.
  8. Memiliki kebijakan simpanan yang terdaftar dengan daftar kebijakan simpanan.

 

Archiving

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut....

 

Authors Fee

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 300.000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay 300.000 for Article Publication Fee to cover publication costs pay 300.000

 

License

Hak cipta artikel dimiliki oleh Jurnal EMA ( Ekonomi Manajemen Akuntansi)

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

 

Publication Ethics

  1. Pastikan semua materi yang dikirimkan bebas dari plagiarisme. Definisi plagiarisme menurut KBBI adalah “pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri”.
  2. Pastikan semua penulis mengetahui kiriman dan urutan penulisan telah disetujui oleh semua penulis. Perhatikan bahwa semua penulis harus memberikan kontribusi pada naskah yang dikirimkan.
  3. Kapanpun diperlukan, penulis harus menyatakan sumber pendanaan dalam pengakuannya.
  4. Dalam hal makalah didasarkan pada studi kasus di suatu organisasi/perusahaan, penulis bertanggung jawab untuk melindungi kerahasiaan identitas atau informasi lain tentang organisasi tersebut kecuali ada izin tertulis untuk mengungkapkan informasi tersebut dari otoritas yang mewakili organisasi/perusahaan tersebut.
  5. Pengiriman artikel yang dilakukan berulang kali atau bersamaan secara luas dipahami sebagai pelanggaran standar publikasi etis dan kami akan menolak makalah apa pun yang dikirimkan ke Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi). jika kami mengetahui bahwa artikel tersebut juga dikirimkan untuk evaluasi jurnal di tempat lain.
  6. Setiap keluhan sehubungan dengan makalah yang diterbitkan dalam Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Ekonomi) akan ditangani oleh Pemimpin Redaksi yang akan meminta nasihat dari Anggota Dewan.
  7. Pemimpin Redaksi dapat membatalkan publikasi naskah yang diterima atau mencabut naskah yang diterbitkan jika ditemukan adanya kesalahan penelitian yang terbukti.
  8. Perselisihan apa pun mengenai kepengarangan harus diselesaikan oleh penulis sendiri sebelum naskah diserahkan. Perubahan kepenulisan setelah penyerahan awal suatu naskah harus dilakukan secara tertulis sebelum penyerahan naskah akhir (yang diterima) dan dokumen tersebut harus ditandatangani oleh semua penulis, termasuk yang ditambahkan atau dihapus.
  9. Peninjau yang diusulkan mungkin diundang atau tidak diundang oleh editor untuk meninjau naskah.
  10. Ketika reviewer terlibat sebagai penulis makalah yang diserahkan ke Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) maka proses review harus ditangani oleh reviewer lain. Demikian pula, seorang reviewer tidak boleh menangani review makalah yang ditulis oleh penulis yang bekerja di organisasi yang sama dengan reviewer.
  11. Ketika editor terlibat sebagai penulis makalah yang diserahkan ke Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) maka proses review harus ditangani oleh editor lain. Demikian pula, seorang editor tidak boleh menangani editor makalah yang ditulis oleh penulis yang bekerja di organisasi yang sama dengan editor.