PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL MARDI JAYA KOTA PASURUAN

Sri Hastari, Nurul Akramiah, Adelia Hana Amira

Abstract


Perilaku konsumen merupakan hal yang unik untuk dipelajari dan diamati. Perilaku konsumen dapat dikatakan awal dari berbagai teori ekonomi, karena semua kegiatan ekonomi akan berkaitan dan berakhir kepada sikap atau perilaku konsumen Pada umumnya para pengusaha mebel mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk masing-masing individu. Dengan demikian penjual dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih barang dagangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mebel mardi jaya kota pasuruan. Hasil analisis deskriptif persepsi kuisioner terhadap variable independen dan dependen memiliki kategori baik. Bedasarkan hasil uji simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 34,675 < 0,05, sehingga seluruh variabel bebas secara bersama-sama merupakan penjelas yang signifikan terhadap varibel terikat dengan sumbangan dari variabel brand ambassaor dan kualitas produk sebesar 77,1 dan sisanya sebesar 22,9 dipengaruhi variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Masing-masing variabel independen berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen.


Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda


References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta. Rineka Cipta

Kotler, Philip. (2012). Marketing Management.Edition 14th.England: Pearson Education

Novita Iswanti, (2012) , Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian roti rayangan bakery dikota PADANG.vol. 209, no. 2, pp. 522–534, 2012. View at Publisher · View at Google Scholar

Lydia Goenandhi. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Banjarmasin (Vol. 12, Issue 2).

Mananeke, L., Jorie Rotinsulu, J., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. 245 Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.

Rafiz, F. M., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). analisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mobil merek daihatsu (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 39, Issue 2).

Sangadji, Mamang, E., Sophia. (2010). Metlit Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Andi Publisher, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v6i2.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Hastari, Nurul Akramiah, Adelia Hana Amira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________