Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana

Rizkyawati Hidayah, Erwan Sastrawan Farid, Harnida Wahyuni Adda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi mengenai penerapan bisnis pada UMKM Sweet Banana yang belum maksimal. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana model bisnis dan penyesuaian model bisnis pada UMKM tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Metode ini digunakan untuk menemukan dan memahami fenomena sentral Model Bisnis yang digunakan UMKM Sweet Banana. Analisis yang digunakan yaitu dengan Business Model Canva (BMC). BMC yang ada di UMKM perlu adanya beberapa penyesuaian agar lebih maksimal. Pada segmen pelanggan di UMKM perlu adanya perluasan pasar-pasar kedaerah terdekat dari Kota Palu dan segmen media toko online. Untuk nilai proporsi perlu mengganti kemasan menjadi lebih inovatif dengan model kekinian. Dalam menjangkau konsumen membutuhkan adanya media sosial, toko online dan juga pusat oleh-oleh Kota Palu.pada customer relationship perlu tambahan memaksimalkan media sosial untuk memudahkan pelanggan dalam memesan, mendapatkan informasi produk, serta melakukan komplai atas produk. Untuk menambah pendapatan pada UMKM Sweet Banana diperlukan adanya inovasi produk olahan pisang baru yang lebih bervariasi

Keywords


Wirausaha; UMKM; BMC; Model Bisnis; Entrepreneurship; MSMEs; Business Model

References


Aliwinoto, C., Hediyani, M., & Malinda, M. (2022). Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Jif Bandung, Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 173–182. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.35

Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunaka pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan SWOT Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffe & CO Tunjungan Surabaya. Journal Of Applied Business Administration, September, 131–142.

Hendarsih, I. (2021). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Jasa Zigzag Laserwork Semarang Jawa Tengah. Jurnal Akrab Juara.

Kuswardhani, N., Agustian, R., & Plus, M. L. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis “Cofresh” (Coffe Fresh) Dengan Metode Bussiness Model Canvas (BMC) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Agroindustrial Technology Journal, 04(02), 167–181.

Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Machsunah, Y. C., & Nurdiana, R. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep Business Model Canvas pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 434–446.

Makkulawu, A. R., Alimin, F., Jassin, E., Ahmad, I., & Muhtar, I. (2022). Pengembangan Produk Olahan Jeruk Dengan Business Model canvas ( BMC ). Prosiding Semnas Politani Pangkep, 3(September), 374–383.

Novia, R. A., Zulkifli, L., Agribisnis, P. S., Pertanian, F., & Soedirman, U. J. (2020). Analisis Bisnis Model Kanvas Pada UMKM Pengolahan Melinjo Di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD, 5, 115–124.

Nur Eli, Eva Mufidah & Vita Fibriyani. 2020. Pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, Dan Kemampuan Sdm Terhadap Kinerja Umkm Mebel Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan, Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi), 5(1), 29-37. http://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/46

Nurnaningsih, Tallesang, M., Rafka, I., & Suirlan, R. (2021). Studi Pertumbuhan Ekonomi Ditinjau Dari Indikator UMKM Kota Palu Masa Pandemic COvid 19. Open Journal System, 16(4), 6729–6740.

Pratama, A. E., & Yuana, P. (2022). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Menggunakan BMC (Business Model Canvas). Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 1(2), 163–169.

Rahmatang, Evahelda, & Agustina, F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus : UMKM Toko Pelawan Desa namang Kabupaten Bangka Tengah). Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 115–128.

Supit, N. F. S., Lasut, J., & Kandowangko, N. (2022). Wirausaha Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado Pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Suryalita. (2019). Review Beraneka Ragam Jenis Pisang dan Manfaatnya. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia, 99–101.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas : Journal Management, Business, and Accounting, 19(3), 320–330.

Tahwin, M. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(No. 01), 154–166.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas ( BMC ) Pada Usaha Batik Kota Madiun. Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis, 9(79), 52–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 erwan sastrawan farid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________