PENGARUH KETERAMPILAN, PENGETAHUAN, DAN KEMAMPUAN SDM TERHADAP KINERJA UMKM MEBEL DI KELURAHAN SEBANI KOTA PASURUAN

Nur Eli Viviani, Eva Mufidah, Vita Fibriyani

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan salah satu kelompok usaha yang paling dapat bertahan ketika krisis ekonomi melanda negeri ini. Perkembangan jumlah unit usaha mikro kecil menengah terus meningkat, tentu akan dapat membuka lapangan kerja yang besar. Namun demikian usaha kecil ini masih dipandang sebagai usaha yang lemah kinerjanya. Untuk mengatasi kinerja agar baik tentunya usaha mikro, kecil dan menengah membutuhkan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Peningkatan kualitas diperlukan terutama di bisang keterampilan, pengetahuan dan kemampuan dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, dan Kemampuan SDM terhadap Kinerja UMKM Mebel di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen 54,5%. Dengan menunjukkan uji F variabel keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan SDM dengan hasil F hitung > F tabel yaitu 40,119 > 2,70 yang menjelaskan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kinerja UMKM. Dilakukan uji t variabel keterampilan dengan kinerja UMKM hasil t hitung < t tabel yaitu -0,233 < 1,985 dan nilai probability sebesar 0,817 > 0,05, hal ini berbeda dengan variabel pengetahuan dengan  kinerja UMKM dengan hasil t hitung  > t tabel yaitu 3,698 >1,985 dan nilai probability sebesar 0,000 < 0,05, hal sama juga diperoleh variabel kemampuan SDM terhadap kinerja dimana hasilnya 4,218 > 1,985, hal ini menunjukkan bahwa setiap variabel bebas ada pengaruh yang positif maupun negatif dan signifikan atau tidak signifikan terhadap variabel terikat.

 

Kata Kunci : Keterampilan, Pengetahuan, Kemampuan SDM, Kinerja UMKM, Regresi Linier Berganda

References


Brahmayanti Subaedi, L.D.K.R. Ardiana, I.A. (2010). “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM di Surabayaâ€. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 12 No 1, Hal: 42-55.

Dharma, Surya. (2010). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi Megantoro. (2015). “Pengaruh Keterampilan, Pengalaman dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus di Panjangrejo, Sriardono, Pundong, Bantul Yogyakartaâ€. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 1, Hal 42-55.

Tjuju Yuniarih dan Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20. (2008). Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) http://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________