ANALISIS IMPLEMENTASI TARGET COSTING SEBAGAI OPTIMALISASI LABA PADA BATARA BATIK BANYUWANGI

Nurul Mariatul Laily Octaviani, Nina Dwi Setyaningsih

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi industri ekonomi, khususnya bagi UMKM. Salah satunya menyebabkan UMKM mengalami penurunan omset sehingga sulit bagi pelaku usaha untuk menutupi biaya yang dikeluarkan selama produksi. Metode target costing merupakan alternatif yang baik yang dapat menekan biaya dengan merencanakan dan mengelola biaya sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan laba operasinya. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan biaya produksi, sehingga membantu perusahaan dalam merencanakan peningkatan laba operasi. Lokasi penelitian berada di Batara Batik Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer dan data sekunder. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang informan yaitu pemilik usaha dan dua orang karyawan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan target costing dapat menjadi dasar untuk memperkirakan biaya produksi yang lebih baik dan upaya lain untuk meningkatkan proyeksi laba perusahaan dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan selama produksi.

 


Keywords


Target Costing; Optimasi Laba; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

References


Beutari, D. R., & Laelisneni, L. (2018). Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Perencanaan Laba Pada Home Industri Tempe Setia Budi Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 52-60.

Dinda, B. M. A., Yulinartati, Y., & Maharani, A. (2021). Analisis Penerapan Target Costing dalam Upaya Pengendalian Biaya Produksi pada CV Multi Bangunan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(2), 220-228.

Fajrin, N. E. (2019). Penerapan Target Costing dengan Rekayasa Nilai dalam Perhitungan Biaya Produksi pada PT. Yongpin Selaras Manis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Indriani, C., Taufiq, A. B., & Rahmi, A. (2021). Analisis Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba pada UKM Hidup Baru Steel Tahun 2017. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 6(4).

Juliani, A. S., & Yohanes Indrayono, S. (2019). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada PT Prima Sejati Perkasa Divisi Injection. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 5(1).

Juwita, R., & Satria, M. R. (2017). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Produk. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2). http://dx.doi.org/10.33603/jka.v1i2.701

Katadata Insight Center. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM. https://katadata.co.id/umkm. Accessed on November 19, 2021

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Pioh, Felly TC, Hendrik Manossoh, dan Victorina Z. Tirayoh. (2019). "Analisis Penerapan Target Costing Sebagai Alat Bantu Untuk Meminimalkan Biaya Produksi Dalam Rangka Mengoptimalkan Perolehan Laba Pada Ud. Acong Bakery." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7.3

Ramadhani, A., & Novita, N. (2021, August). Target Costing sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM melalui Kemitraan Marketplace. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 2, pp. 748-765). https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/1758

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Wuysang, C. C., & Pusung, R. J. (2019). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor Pada UD. JJ Bakery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v7i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Mariatul Laily Octaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________