PENGARUH CITRA PASAR RAKYAT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Pasar Gondangwetan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan)

Risty Yunike Ary Putri, Sri Hastari, A. Ratna Pudyaningsih

Abstract


Pasar tradisional yang sekarang di ganti menjadi Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk ekonomi kerakyatan dan juga merupakan salah satu pilar ekonomi nasional di Indonesia.Agar pasar rakyat bisa tetap bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis yang penuh persaingan dalam memperebutkan konsumen, maka harus mampu memahami konsumennya secara menyeluruh, karena konsumen merupakan pasar sasaran suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra pasar baik secara aspek kondisi arsitektual dan aspek kondisi non-arsitektual secara langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas konsumen serta adakah pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada pasar rakyat di Pasar Gondangwetan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli Pasar Gondangwetan.Dengan sampel sebanyak 161 responden yang diperoleh dari teknik purposive sampling.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan antara aspek kondisi arsitektual, aspek kondisi non-arsitektual dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel interverning berpengaruh secara positif langsung terhadap loyalitas konsumen.Serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci: pasar tradisional, citra pasar, kepuasan pelanggan, loyalitas konsumen

References


Aliyah, I; T. J. Daryanto; & D. J. Rahayu. 2007. Peran Pasar Tradisional Dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakarta.Gema Teknik No. 2/Tahun X Juli 2007.(Online), (puslit2.petra.ac.id), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Aribestari, R. & Setyono, J. S. 2013.Pengaruh Daya tarik Pasar Tradisional dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Komparasi Pasar Karangayu dan Giant Superdome).Jurnal Teknik PWK Vol. 2 No. 3.(Online), (id.portalgaruda.org), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Chitami Puti, Widya. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rumah Sakit Otoritas Batam. Bandung: Universitas Widyatama. (Online), (repository. widyatama.ac.id), diakses pada tanggal 27 Desember 2016.

Christopher Lovelock, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. Tanpa Tahun. Pemasaran Jasa Perpektif Indonesia Jilid 1, Edisi Revisi 7. Terjemahan Dian Wulandari & Devri Barnadi P. 2010. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Enno Yunida, Margita. 2016. Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (e-print.uny.ac.id), diakses pada tanggal 27 Desember 2016.

Hair, J. F.; Black, W. C.; Babin, B. J.; & Anderson, R. E. 2010.Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

J. Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Meia Group.

Mamang S., Etta & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET (Penerbit Andi).

Masni, Yeni. 2014. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Makassar.Makassar: Universitas Hassanudin. (Online), (repository.unhas.ac.id), diakses pada tanggal 27 Desember 2016.

Mayasari, Rani. 2009. Analisis Pengaruh Citra Pasar Tradisional Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pasar Projo Di Ambarawa). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. (Online), (etheses.uin-malang.ac.id), diakses pada tanggal 27 Desember 2016.

Nur Pratom, Alif. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Merek Cardinal Di Toko Trend Fashion Kendal). Semarang: Universitas STIKUBANK. (Online), (eprints.unisbank.ac.id), diakses pada tanggal 01 Januari 2017.

Paskarina, Caroline; Dede Mariana; & Tjipto Atmoko. 2007. Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Pasar Di Kota Bandung. Bandumg: Lembaga Bandung.(Online), (repository.unpad. ac.id), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Prabowo, Fajar S. A. & Raden Aswin Rahadi. 2015. David vs Goliath:Uncovering The Future of Traditional Market in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Vol. 6 No. 05.(Online), (www.mcser.org>mjss>article>view), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Prahastuti, Lina. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat Di Wilayah Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro. (Online), (eprints. unisbank.ac.id), diakses pada tanggal 04 Mei 2017.

Riduwan, dan Engkos Achmad Kuncoro.2012. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Rika Terano, Rafidah binti Yahya, dkk. 2015. Factor Influencing Consumer Choice Between Modern And Traditional Retailers In Malaysia. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 5 No. 2.(Online), (www.ijssh.org), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Rizkiyani, Novi. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Interverning (Studi Kasus Pada BRI Kantor Unit Pageruyung, Kendal). Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Online), (lib.unnes.ac.id),diakses pada tanggal 01 Januari 2017.

S. Ekomadya, Agus & Sutan Hidayatsyah. 2012. Isu, Tujuan, Dan Kriteria Perancangan Pasar Tradisional. Temu Ilmiah IPLBI. (Online), (temuilmiah.iplbi.or.id>uploads>2012/10), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.

Schiffman, Leon & Leslie Lazar K. 2000.Perilaku Konsumen, Edisi Ke-7. Terjemahan Zoelkifli Kasip. 2008. Jakarta: PT Indeks (PT Macanan Jaya Cermerlang).

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).

Wahyudi Linggasani, Made A. 2015. Kajian Aspek Atribut Pasar sebagai Upaya Peningkatan Daya Tarik Pasar Tradisional.Bandung: ITB. (Online), (http://e-journal.uajy.ac.id/6722/1/JURNAL.pdf), diakses pada tanggal 01 Februari 2017.

Yoslandari, Putranti. 2009. Analisis Pengaruh Citra Terhadap Kunjungan Konsumen Ke Pusat Perbelanjaan: Peranan Dariemosi Terantisipasi Positif, Keinginan, Dan Niat Sebagai Variabel Intervensi (Studi Kasus Mal Senayan City). Depok: Universitas Indonesia.(Online), (lib.ui.ac. id), diakses pada tanggal 03 Mei 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v2i2.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________