STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS KELAYAKAN PADA UKM TAPE

Cheililla Suci Amaliyanti, Sri Hastari

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Jumlah UMKM di Indonesia cukup banyak berpotensi untuk meningkatkan perekonomian negara, namun dalam hal pengembangannya para pengusaha seringkali dihadapkan pada berbagai macam hambatan. Untuk itu diperlukan upaya dari pemerintah dalam mengembangkan UMKM ini. Analisis kelayakan adalah suatu kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha dan merupakan suatu bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan. Dalam penelitian ini yang dilakukan pada UKM Tape Super Manis Khas Pasuruan usaha ini dapat dikatakan layak. Hal ini didapat dari analisis finansial yang menunjukkan bahwa NPV > 0 yaitu sebesar Rp 47.441.121 begitu pula dengan Net B/C dan IRR berturut-turut sebesar 1,272 yang dikatakan layak karena Net B/C > 1 dan IRR > tingkat discount rate yang berlaku yaitu 7% dengan nilai sebesar 18,5%. Sedangkan untuk pengembalian investasi slama 4 tahun 10 bulan yang lebih rendah dari umur ekonomisnya yaitu 5 tahun. Dalam perumusan strategi yang dilalukan melalui analisis faktor Eksternal dan Internal yang kemudian dirumuskan dalam matriks I-E, SWOT dan QSPM alternative strategi yang dipilih adalah  menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk menambah pangsa pasar.

 

Kata Kunci : UMKM, Analisis Kelayakan, Strategi Pengembangan Usaha

References


David, F. R. 2011. Manajemen Strategis; Konsep. Edisi Keduabelas. Salemba Empat. Jakarta.

Kodrat, Davis Sukardi. 2010. Manajemen Eksekusi Bisnis. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis, Erlangga. Jakarta

Husnan, Suad dan Suwarsono. 1994. Studi Kelayakan Proyek. Cetakan Pertama. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Noor, Henry Faizal. 2008. Ekonomi Manajerial. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Nurmalina R, Sarianti T, Karyadi A. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor : Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

Sucipto, Agus. 2010. Studi Kelayakan Bisnis; Analisis Integratif dan Studi Kasus. UIN Maliki Press. Malang.

Pearce, J.A. and Richard B. R. 1997. Manajemen Stratejik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Binarupa Aksara. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT; Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduabelas. PT. Gramedia Utama. Jakarta.

Yacob, Ibrahim. 1998. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v3i1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)



____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Supported by Relawan Jurnal Indonesia

 

 
Creative Commons License
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) http://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.