Pengaruh Ukuran Klien dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay

Wahyuning Giri Pramesty, Wahyu Setiarini, Silvia Mufarijul Bil Majidah, Dwi Ermayanti

Abstract


Laporan keuangan merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung keberlangsungan suatu perusahaan karena laporan keuangan memiliki peran dalam proses pengukuran dan penilaian kinerja suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran KAP dan ukuran klien terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019-2021. Sampel penelitian ini menggunakan 18 perusahaan dengan tahun pengamatan 3 tahun sehingga total sampel 54 yang telah memenuhi kriteria penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampel. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah berganda analisis regresi linier dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable ukuran klien dan ukuran KAP berpengaruh signifikan terhadap audit delay.


Keywords


Audit Delay; Ukuran KAP; Ukuran Klien; Company Size; Public Accounting Firm Size

References


Arimansyah, M. F., Wahyudi, T., & Ermadiani, E. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Industri Dasar & Bahan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020 (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Clarisa, S., & Pangerapan, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Dani, R., Kamaliah, K., & Silvi, A. (2023). Pengaruh Solvabilitas, Kompleksitas Operasional, Upaya Audit, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar Indeks Tahun 2019-2021. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2173-2191.

Fitri, N. A., & Ahzar, F. A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020) (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gaol, R. L., & Duha, K. S. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 64-74.

Trisnaningsih, T. N., & Sutrisno, S. H. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Kap Dan Audit Tenure Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1561-1572.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i2.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 wahyuning giri pramesty, wahyuning giri pramesty, wahyu setiarini, Silvia Mufarijul Bil Majidah, Dwi Ermayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________