Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion

Ilhamah Ilhamah, Ratna Pudyaningsih, Nurul Akramiah

Abstract


Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang sangat  besar dalam setiap perubahan, salah satunya dalam bidang pemasaran yang mana perusahaan dalam memasarkan produknya tidak lagi bergantung pada pemasaran konvensional, tetapi dengan kemajuan teknologi informasi serta internet membuat model pemasaran baru mulai dikembangkan dan diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi penjualan dan electronic word of mouth  terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktok Shop pada masyarakat Kota Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Tiktok Shop  yang bertempat tinggal di Kota Pasuruan. Metode sampling yang digunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 84 responden. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktok Shop pada masyarakat Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, Promosi penjualan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktok Shop pada masyarakat Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, Electronic Word Of Mouth terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Tiktok Shop pada masyarakat Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, serta nilai adjusted R2 di peroleh sebesar 72,8%.


Keywords


promosi penjualan, electronic word of mouth, keputusan pembelian.

References


Afifi, G. R. (2020). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk narapidana lembaga pemasyarakatan kelas 1 Cirebon (Pas Mart). Jurnal Promosi - Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 9–17.

Alam, I. K., & Sarpan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Ulang Mazaya Dekoratif Dan Skincare Pada Toko Tangga Mas Tambun. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 284–291. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2377

Andriyani, B., Fitriani, N. M., & Rahardja, C. T. (2022). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth melalui Instagram terhadap Brand Image dan Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7619

Anggriani, N. L., Piksi, P., Bandung, G., Hamali, A. Y., Piksi, P., & Bandung, G. (2020). Pada Pt Tatapusaka Sentosa. 3(1), 14–29.

Delicia, C., & Paramita, S. (2022). Konten Tiktok untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rude Basic dan Agate Deluxe). Koneksi, 6(1), 218. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15768

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dinawan, M. R., Kunci, K., Produk, K., Kompetitif, H., Merek, C., & Pembelian, K. (2010). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(3), 335–369. www.cahyamotor.com/index

Iman Prayoga, & M. Rachman Mulyandi. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136–140. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.60

Issn, P. (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 11 No . 1 Juli 2022 E - ISSN : 2654-5837 , Hal 5 42 – 550. 11(1), 323–330.

Irwan, A. M. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial, Dan Budayaterhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Lazada Indonesia Di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 164–176.

Magdalena, S., Muskita, W., Ekonomi, F., & Sorong, U. V. (2021). Jurnal Badati Ilmu Sosial & Humaniora Vol 4 No 1 April 2021 E-Issn : 2722 - 3248 Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Online Shop Thyy Thyy ) Di Kota Sorong Email : Ay. 4(1).

Oping, S. B., Mangantar, M., Poluan, J. G., Ekonomi, F., Manajemen, J., Oping, S. B., Mangantar, M., & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Online Shop Gemini . Luxury ) The Influence Of Promotional Strategies Through Social Media And Electronic Word Of Mouth On Cloth. 10(4), 233–242.

Pendidikan, S., Niaga, T., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Niaga, P. T., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id ( Studi Pada Pengguna Aplikasi Tix Id Di Surabaya ) Wiwik Cahyani Raya Sulistyowati. 9(1), 1055–1061.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i1.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ilhamah ilhamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________