Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Eiger

Muhammad Romadani, Siti Komariah Hildayanti, Sahfiera Lazuarni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tiga faktor: pengaruh citra merek terhadap keputusan seseorang untuk membeli sepatu Eiger; pengaruh kualitas produk terhadap keputusan seseorang untuk membeli sepatu Eiger; dan pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan seseorang untuk membeli sepatu Eiger. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan dua jenis data: primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara, serta analisis statistik deskriptif dan diferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek sepatu eiger memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regersi nilai positif sebesar 0,251, pengaruh kulaitas produk terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regersi nilai positif sebesar 0,195, dan citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan sepatu eiger dengan hasil statistik fhitung 12,237 dengan signifikan 0,000. Dari hasil tersebut maka hipotesis penelitian dapat diterima karena terbukti kebenarannya (Ha diterima dan Ho ditolak).

 

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Keywords


Citra Merek; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Buying decision; Brand Image; Product quality

References


Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Adil, E. (2018). Pengaruh Budaya Dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Bina Langgeng Lestari (Tony Moly Cosmetic) Medan. Jumant, 6(01), 30-38.

Heriyati, P., & Septi. (2017). Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nexian. Journal of Business Strategy and Execution, 2(4), 171-205.

Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral AQUA Di Indomaret Subah Kabupaten Batang. Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS, 7(02), 1-12.

Lasaib, I. N., & Julianti, E. (2019). Pengaruh citra merek, iklan, kualitas yang dirasa terhadap keputusan pembelian SIM Card Telkomsel di Surabaya. Journal of Business and Banking, 9(01), 161-178.

Meylano, N. H., Luju, E., & Husen, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Harga Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Chosik Pada UPT Sikka Inovation Center di Maumere. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(06), 236-246.

Oktavianti, R., & Budiarti, A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek (Studi Pada Konsumen Koi Bubble Tea Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(09), 172-182.

Pratama, D., & Apriatni. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio J (Studi Kasus Pada PT Yamaha Bahana Tegal). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(04), 272-289.

Rasmiko, L. A., Jatmiko, R. D., & Novianti, K. R. (2022). The Effect of Advertising on Repatronage Intention with Brand Awareness and Brand Image as Intervening Variable. Jamanika (Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan), 2(04), 310-323.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh harga, citra merek dan kualitas terhadap minat beli produk private label. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(02), 87-96.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 3(01), 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Romadani, Siti Komariah Hildayanti, Sahfiera Lazuarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________