Tingkat Hutang, Intensitas Persediaan dan Aset Tetap Manajemen Pajak pada Manufaktur Yang Terdaftar di BEI

Bella Puspita Audina, Yanti Nurdianti, Nasrullah Nasrullah

Abstract


Manajemen Pajak merupakan strategi untuk memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar tetapi jumlah pajak yang dibayar dapat ditekan serendah mungkin untuk memperoleh laba dan likuiditas yang diharapkan. Tujuan utama dari manajemen pajak adalah untuk melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar dan meminimalisasi beban pembayaran pajak untuk memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Tingkat Hutang, Intensitas Persediaan dan Intensitas Aset Tetap terhadap Manajemen Pajak. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder laporan keuangan perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 240 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019-2022. Pemilihan sampel menggunakan metode pusposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 perusahaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, uji f, uji t dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen pajak. Intensitas Persediaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen pajak. Intensitas Aset Tetap tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen pajak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara simultan Tingkat Hutang, Intensitas Persediaan dan Intensitas Aset Tetap secara bersama-sama berpengaruh terhadap manajemen pajak. manajemen pajak.


Keywords


Tingkat Hutang; Intensitas Persediaan; Intensitas Aset Tetap; Manajemen Pajak; Debt Rate; Supply Intensity; Fixed Asset Intent; Tax Management

References


Afifah, M. D., & Hasymi, M. (2020, January). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Intensitas Aset Tetap dan Fasilitas terhadap Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif. Jurnal of Accounting Science, IV, 29-42.

Agoes, S., & Trisnawati, E. (2013). Akuntansi Perpajakan Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Alvares, B., & Yohanes. (2021, September). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi TSM, I, 287-298.

Ardyansah, D., & Zulaikha. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio dan Komisaris Independen terhadap Effective Tax Rate (ETR). Diponegoro Journal of Accounting, III, 1-9.

Aryanti, E. S., & Gazali, M. (2019). Pengaruh Keuntungan Perusahaan, Tingkat Utang dan Aset Tetap Terhadap Manajemen Pajak Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Sub Sektor Logam dan Sejenisnya Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017. Buku 2: Sosial dan Humaniora, 1-5.

Darmadi, I. N., & Zulaikha. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2012). Diponegoro Jurnal of Accounting, II, 1-12.

Erlitasari, T., Pahala, I., & Utaminingtyas, T. H. (2022, Agustus). Pengaruh Profitabilitas, Tingkat Utang, Intensitas Aset Tetap & Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Pajak. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, III, 534-551.

Febrianti, H. M. (2016, Desember). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, XVIII, 159-166.

Hati, R. P., Mulyati, S., & Kholila, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Equilibiria: Jurnal Fakultas Ekonomi, VII, 56-66.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: PT Grasindo.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).2008. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No 14 (Revisi 2008): Persediaan. IAI, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v9i1.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bella Puspita Audina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________