Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger

Eni Erwantiningsih, Nuril Hirom, Vita Fibriyani

Abstract


Gaya hidup generasi muda saat ini memiliki kecenderungan menjelajah alam seperti mendaki gunung, out bond maupun camping. Fenomena ini membuka peluang bisnis bagi penjual pakaian serta perlengkapan kegiatan outdoor. Produk Eiger sebagai outfit kegiatan outdoor selama ini memiliki tingkat penjualan yang cukup tinggi di Kota Pasuruan sebelum bermunculan pesaing produk sejenis. Kualitas produk eiger yang tinggi menjadi menurun peminatnya meskipun gaya hidup generasi muda masih memiliki gaya hidup yang menyukai kegiatan alam. Hal ini mendasari pentingnya diketahui faktor apa yang membuat konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian Eiger. Penelitian menggunakan sampel 100 responden yaitu mahasiswa Universitas Merdeka Pasuruan dan Uniwara Kota Pasuruan. Metode penentuan sample yaitu non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda, uji F, uji t dan koefisien determinan. Hasil penelitian 1). Citra Merek dan Gaya Hidup berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai sig 0.000 < 0.05. 2). Citra Merek dan gaya hidup secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan masing-masing nilai sig. 0.000 < 0.05. Sedangkan nilai R Square 0.927 yang memberikan model citra merek dan gaya hidup memberikan kontribusi sebesar 92,7 % terhadap Keputusan pembelian sedangkan 7,3 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.


Keywords


Citra Merek; Gaya Hidup; Keputusan Pembelian; Brand Image; Lifestyle; Buying decision

References


Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Annisawati, A. A., & Sitorus, M. C. (2022). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pestisida Di Pt Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bandung. Pro Mark, 12(2).

Fauziah, A., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Survey pada Karyawan PT. Ajinomoto Indonesia Karawang Factory Departemen Sajiku). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 820-827.

Kotler and Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. New York City: Pearson.

Latifah, V. U., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved Di Thriftshop Online Instagram (Studi Pada Konsumen@ kenangan. mantann Di Kota Kendal). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 409-420.

Made, N., dan Rani, D. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 69–79.

Mierzwa, J. C. (2002). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang. Sekolah Tinggi Ekonomi "KBP", 2(5), 4–8.S

Mongisidi, S. J., Ekonomi, F., dan Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24041

Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Prasetya, E. G., Yulianto, E., dan Sunarti, S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mnineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214–221.

Putra, H. P., & Elpanso, E. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Universitas Bina Darma. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 170-174.

Rahmawati, J. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembeliantas Di Konter Rumah Warna Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(3).

Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh brand image, lifestyle, dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian di Toko 3Second. YUME: Journal of Management, 5(2), 450-458.

Saifuddin, M., & Rahmayanti, N. M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala Management Business Journal, 4(2), 847-868.

Sangadji. Sopiah, E. M. (2013). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Gramedia pustaka.

Siahaan. M. DY & Saidani, B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Iklan Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(2), 456-478. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/30596/13645

Solomon, Michael. Greg Marshall, and Elnora, Stuart, (2013), Marketing, New Jersey: PEARSON Prentice Hall.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1 edisi 28). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, S., Wiyani, W., dan Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Tara, G. R., & Anshori, I. (2022). Analisis Gaya Hidup Masyarakat dan Budaya Konsumtif Dalam Perspektif Islam. Tazkiya, 23(2), 153-170.

Virya, K. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Chimon. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(5), 654-663.

Wahyudi, D., & Prawita, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sepeda motor Harley Davidson. Jurnal Ilman, 1(1), 83-92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35126/ilman.v1i1.55

Zahroh, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa Di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

Zamhuri, M., Valianti, R. M., & Damayanti, R. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger. Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI), 3(2), 228-240.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v9i1.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 eni erwantiningsih, nuril hirom, vita pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________