PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA UD. HARTANI JAYA

Risqi Hidayatulloh, Ratna A. Pudyaningsih, Nurul Akramiah

Abstract


Perkembangan di Indonesia dalam bidang perekonomian sangat pesat seperti halnya dalam bidang properti rumah yang juga mengalami perkembangan sangat pesat. Guna menunjang strategi perusahaan untuk bersaing dalam hal mempertahankan pangsa pasar seorang pemilik usaha harus meningkatkan kualitas produk dan desain produk agar dapat menarik para konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di UD. HARTANI JAYA secara simultan dan parsial. Merupakan penelitian kuantitatif pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, dengan sampel 60 responden dari 60 populasi selama 30 hari. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepuastakaan, observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desktriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Hasil dari pengujian simultan (uji F) dapat dilihat kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 19,211, kualitas produk terhadap keputusan pembelian nilai signifrikansi sebesar 0,040 < 0,05, desain produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa kualitas produk dan desain produk sebesar 38,2%.

 

Kata kunci : Kualitas Produk, Desain Produk, Keputusan Pembeliaan, Regresi Linier Berganda

References


Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Saidani, Basrah, M. Aulia Rachman dan Mohamad Rizan. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia/JRMSI Vol.4 No.2 Tahun 2013 : Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas di Wilayah Jakarta Timur




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal EMA



____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Supported by Relawan Jurnal Indonesia

 

 
Creative Commons License
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) http://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.