PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MR. CRUNCH

Siti Choirun Nisak, A. Ratna Pudyaningsih, Sri Hastari

Abstract


Di era modern ini semakin ketat persaingan usaha makanan sejenis yang di tawarkan di pasar dengan berbagai ide dan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk mererka. Kualitas makanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, oleh karena itu setiap usaha makanan selalu berinovasi menu yang dapat menarik pelanggan. Hal ini pun juga dilakukan oleh pelaku usaha kuliner Mr. Crunch agar konsumen merasa puas dan menjadi loyal terhadap produk mereka. Selain kualitas maknan, tentunya ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas makanan dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji kelayakan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunankan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif kualitas makanan dan faktor social terhadap keputusan pembelian konsumen secara simultan maupun parsial masing-masing variabel bebas. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai 0,05, hal ini berarti kualitas makanan dan factor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Untuk hasil secara parsial diperoleh nilai signifikansi untuk variabel kualitas makanan sebesar 0,000 dan faktor soaial sebesar 0,027 yang lebih kecil dari 0,05, hal ini juga berarti ada pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Kualitas makanan dan faktor sosial memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 72,9% dan sisanya 27,1% dipengaruhi faktor lain diluar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Kualitas Makanan, Faktor Sosial, Keputusan Pembelian Konsumen, Analisis Linier Berganda


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang. Universitas Diponegoro

Griffin, Jill, 2006. CustomerLoyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan, Erlangga. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. PT Aksara.Jakarta.

Kotler, 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku 2. Diadaptasi oleh A.B Susanto, Salemba Empat. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary armstrong. 2009. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 12. jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Nasution, Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D Alfabeta, Bandung.

Suliyanto, 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran: Ghalia Indonesia, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________