PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Kartika Dwi Sara, Fitryani Fitryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wirausaha melalui etika bisnis dan ecommerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam perspektif Islam (studi Kota Surabaya). Perilaku tersebut yang akan menjadi dasar pertanyaan wawancara untuk menjelaskan bagaimana peran wirausaha melalui etika bisnis dan e-commerce pada perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepada kasus yang terjadi. Pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur dan observasi langsung kepada obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif explanatoris dengan menjelaskan hasil-hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mayoritas yang mengetahui peranan etika bisnis Islam untuk diterapkan dalam berwirausaha tetapi secara keseluruhan memilliki karakteristik wirausaha dan secara signifikan e-commerce yang digunakan telah sesuai dengan syariat Islam di dunia perdagangan. Peranan wirausaha dan e- commerce sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

 

Kata kunci : Wirausaha, E-Commerce, Etika Bisnis , UMKM


References


Ayyubi, S.E dan Anggarini S.A. 2016. Peran Etika Bisnis Islam terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pengan di Kota Bogor. JBB. 6 (2).

Helmalia dan Afrinawati. 2018. Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. JEBI. 3 (2).

Julyani, E. 2016. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, vol. 7, No.1. Kurniawati, A. 2019. Transaksi E-Commerce dalam Perspektif Islam. El Barka. 2 (1).

Sholihin, M dan Mujilahwati, S. 2016. Dampak Pemanfaatan E-Commerce terhadap Peningkatan Penjualan di UMKM (Studi Kasus Ninda Bros Lamongan). Jurnal TeknikA. 8 (1).

Aprijon, M.Ed. 2013. Kewirausahaan dan Pandangan Islam. Menara. 12 (1). Afif, M. 2016. Kewirausahaan Ditinjau Dari Perspektif Islam. Rasail. 3 (1).

Nuryanti. 2013. Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, 4 (21)

Yuliana, E. 2017. Kewiraushaan Dalam Perspektif Islam. Ta’dib. 15 (2) Achyar Eldine. Etika Bisnis Islam

Fitri Amalia. 2013. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil. Jurnal FEB UIN SyarifiHidayatullah Jakarta

Anonimous. 2020. Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka. Jakarta, ©BPS Provinsi DKI Jakarta.

Anonimous.2020. Kota MakassarDalam Angka. Makassar, ©BPS Kota Makassar.

Anonimous.2020. Kota SurabayaDalam Angka. Surabaya, ©BPS Kota Surabaya.

Bandur, A. 2019. Penelitian Kualitatif (Studi Multi-Disiplin Keilmuan dengan Nvivo 12 Plus). Ed.1, Jakarta, Mitra Wacana Media, 49.

Parinduri, S.H., Sirait, R. 2020. Kota Medan Dalam Angka. Medan, ©Badan Pusat Statistik Kota Medan.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Ed.2, Bandung, Alfabeta.

Wahdino, S., Ekonomi Makro Dan Mikro Islam, (Jakarta: PT Dwi Chandra Wacan, 2001), h.52 tanggal 29 Maret 2020.

Wahyuni, N., Safaat, R., Allistya, M.H. 2020. Kota Bandung Dalam Angka. Bandung, ©BPS Kota Bandung.

Heri Irawan. 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai. Tesis.

Pascasarjana. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.

Indra Yanti Sari. 2016. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Alauddin, Makassar.

Sesi Enjel. 2019. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas

Islam Negeri (UIN), Raden Intan Lampung.

Susanti, S. 2017. Optimalisasi Stretegi Green Product terhadap Perkembangan UMKM di Bandar Lampung Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung).

Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN), Raden Intan Lampung.

Walia Nabila Sa’ad. 2017. Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandar Lampung Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri (UIN),

Raden Intan Lampung.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Bab 4 Pasal 6 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenaq RI, Software Quran Kemenag in Ms Word Add-Ins versi 1.0 32 bit




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal EMA



____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Supported by Relawan Jurnal Indonesia

 

 
Creative Commons License
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) http://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.