PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PEMASARAN UMKM

Mohammad Fatih Nizam, Eva Mufidah, Vita Fibriyani

Abstract


Penelitian ini merupakan suatu pengujian dari pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap pemasaran UMKM makanan dan minuman di kota Pasuruan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah berjumlah 47 orang responden dengan alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarakan uji parsial didapat nilai signifikan yang lebih kecil dari 0.05 (0,00 < 0.05) dengan kesimpulan bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran begitu pula dengan uji simultan yang menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh dengan nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” 2.850 > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™2.01669 dan keunggulan bersaing mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Kota Pasuruan dengan nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” 4.280 > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ 2.01669 . Berdasarkan uraian diatas, peneliti menyarankan untuk setiap pelaku UMKM agar dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan lebih mempertimbangkan pentingnya inovasi produk dalam meningkatkan kinerja pemasarannya.

 

Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan bersaing, Kinerja Pemasaran


References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranoto, M. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Ejournal Undip.

Tribuana Dewi, Sensi. 2006. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaranâ€. Tesis




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________