Pengaruh Marketing Influencer, Trend Fashion Muslim, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Ulik Nur Budiyati, Dyah Pikanthi Diwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh marketing influencer, trend fashion muslim, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data primer yang digunakan berupa kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 132 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji measurement model dan uji structural model dengan bantuan program SmartPLS 3.0 pada sitem operasi Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, marketing influencer dan trend fashion muslim tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 


Keywords


Marketing Influencer; Trend Fashion Muslim; Gaya Hidup; Perilaku Konsumtif; Influencer Marketing; Muslim Fashion Trends; Lifestyle; Consumptive Behavior

References


Afrina, D. (2019). Rasionalitas muslim terhadap perilaku israf dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 23–38.

Aini, S. N. (2020). Pengaruh gaya Hidup dan trend Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang.

Ali, M. H., & Rusmana, D. (2021). Konsep Mubazir dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Maudhu’i. Jurnal Riset Agama, 1(3), 11–29.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Apriliana, N. S., & Utomo, E. P. (2019). Pengaruh intensitas melihat iklan di instagram terhadap pengetahuan dan perilaku konsumtif remaja putri. Jurnal Komunikasi, 13(2), 179–190.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Asmita, D., & Erianjoni, E. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 91–96.

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). No ????????????????????? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? Title. 21(1), 1–9. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Dewi Sukma Anggriyani. (2022). Pesona dan Potensi Busana Muslim Indonesia.

Gaya, P., Hedonis, H., Konsumtif, T. P., Pramugari, P., Penerbangan, M., Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PRAMUGARI MASKAPAI PENERBANGAN “X.” In Jurnal Psikologi (Vol. 12, Issue 1).

Irfani, F. (2011). Pengaruh Iklan Fashion Majalah Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Uin, 148–152. Lubis, N. (2021). Pengaruh Trend Fashion Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariahiain Padangsidimpuan Angkatan 2017. 1, 21–22.

Mahmud, Y., Paat, C. J., & Lesawengen, L. (2020). Jilbab Sebagai Gaya Hidup Wanita Modern di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. HOLISTIK, Journal of Social and Culture. Maulana, I.,

Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28– 34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823

Mujahidah, A. N. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 1–10.

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496

Ompusunggu, M. P., & Djawahir, A. H. (2014). Gaya hidup dan fenomena perilaku konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 188–196.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.

Putri, P. K. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1–16.

Sari, D. N. (2018). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang). Universitas Brawijaya.

Sari, I. D., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh e-gaya hidup, trend fashion, dan customer experience terhadap impulse buying produk fashion konsumen. Akuntabel, 18(4), 683– 690. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9856

Shadrina, A. N., Fathoni, M. A., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Trendfashion, Gaya Hidup, Dan Brand Image Terhadap Preferensi Fashion Hijab. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 48–71. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3224

Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). In Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Vol. VIII (Issue 2). www.youtube.com/TasyaFarasya,

Syukur, M., & Salsabila, S. (2022). INFLUENCER IMPACT; SOLUSI PRODUSEN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK. Jurnal Istiqro, 8(2), 129–140




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dyah Pikanthi Diwanti, Ulik Nur Budiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________