Persepsi Privasi, Persepsi Performance Risk, Online Customer Review terhadap Minat Beli Mahasiswa

Nissa Calista, Amelia Setiawan, Samuel Wirawan, Hamfri Djajadikerta

Abstract


Perniagaan elektronik atau yang biasa dikenal dengan e-commerce merupakan semua bentuk transaksi perdagangan barang ataupun jasa menggunakan media perantara internet (Tashia, 2017). Maraknya penggunaan internet dikalangan kaum muda, yaitu mahasiswa membuat penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat beli mahasiswa Indonesia untuk bertranskasi atau berbelanja di e-commerce. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas kuantitatif menggunakan data primer, yaitu kuesioner. Didapatkan 107 responden yang menunjukkan bahwa secara parsial, variabel persepsi privasi dan online customer review berpengaruh terhadap minat beli, namun variabel persepsi performance risk tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli. Secara simultan, persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, meningkatkan pemahaman, dan sebagai bahan pertimbangan pemilik e-commerce untuk memerhatikan pengaruh persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review terhadap minat beli di e-commerce terutama di kalangan mahasiswa. Serta diharapkan dapat menjadi bahan studi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan.


Keywords


e-commerce; minat beli; online customer review; persepsi performance risk; persepsi privasi; perceived performance; purchase intention; perceived privacy; risk

References


Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RISIKO PADA MINAT BELI BELANJA ONLINE. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/view/3995/2039
cnnindonesia.com. (2021). 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja dengan E-Commerce. Diakses melalui https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211111123945-78-719672/881-persen-pengguna-internet-belanja-dengan-e-commerce

developers.bri.co.id. Ketahui Perkembangan E-commerce di Indonesia: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya. Diakses melalui https://developers.bri.co.id/id/news/ketahui-perkembangan-e-commerce-di-indonesia-pengertian-jenis-dan-manfaatnya
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT PEMBELIAN PADA ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-1619. doi:10.12962/j23373539.v5i2.19671
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). PERAN FOTO PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21-26.
Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN E-COMMERCE. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(1), 121-125. doi:https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1.224
Hadi, R. M., Februadi, A. C., & Gunawan, A. I. (2021). ANALISIS PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE. Jurnal Politeknik Negri Bandung, 12(Prosiding 12th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS)), 1138-1143.
Beneke, J., Greene, A., Lok, I., & Mallett, K. (2012). The influence of perceived risk on purchase intent–the case of premium grocery private label brands in South Africa. Journal of Product & Brand Management.
Kim, J., & Lennon, S. J. (2013). Effects of reputation and website quality on online consumers' emotion, perceived risk and purchase intention: Based on the stimulus?organism?response model. Journal of Research in Interactive Marketing.
Kabir, M. F. (2021). Adopsi E-Commerce. Diakses melalui https://doi.org/10.31219/osf.io/yjm9q
Kinasih, B. S., & Albari, A. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), 25-38.
Kominfo. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Diakses melalui https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media#:~:text=Kemkominfo%3A%20Pertumbuhan%20e%2DCommerce%20Indonesia%20Capai%2078%20Persen,-
Kotler, P., Keller, K.L., Goodman, M., Brady, M., Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson Education Limited: Harlow, UK, vol. 4th European Edition.
Wu, K., Vassileva, J., Noorian, Z., & Zhao, Y. (2015). How do you feel when you see a list of prices? The interplay among price dispersion, perceived risk and initial trust in Chinese C2C market. Journal of Retailing and Consumer Services, 25, 36-46.
Maslow, A.H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychol. Rev. 1943, 50, 370.
Megawati, Nana. (2018). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Shop (Studi Kasus: Pelanggan Online Shop Lazada pada Mahasiswa Feb Unila). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Mudambi, S. M. and Schuff, D. (2010). What Makes a Helpful Review? A Study of Customer reviews on Amazon. com. MIS quarterly, 34(1), 185- 200.
Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 121-125.
Nguyen, M. H., & Khoa, B. T. (2019). Perceived mental benefit in electronic commerce: Development and validation. Sustainability, 11(23), 6587.
Pradipta, A., Lusanjaya, G., & Setiawan, A. (2017). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PADA SITUS E-COMMERCE TERPILIH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN. Journal of Accounting and Business Studies, 1(2).

Putra, Dwi Aditya. (2019). OJK Catat 19.000 Aduan Penipuan Belanja Online Karena Barang Tak Dikirim. Diakses melalui https://www.merdeka.com/uang/ojk-catat-19000-aduan-penipuan-belanja-online-karena-barang-tak-dikirim.html.
Sarkar, A. (2011). Impact of utilitarian and hedonic shopping values on individual's perceived benefits and risks in online shopping. International management review, 7(1), 58.
Safira, Safira. (2021). Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Sembiring, Jeremy R. B. P. (2021). Peran dari Perkembangan Teknologi dalam Dunia Bisnis. Diakses melalui https://jurnalpost.com/peran-dari-perkembangan-teknologi-dalam-dunia-bisnis/16569/
Tashia. (2017). Sistem e-Commerce dan Perlindungan Konsumen. Diakses melalui https://aptika.kominfo.go.id/2017/06/sistem-e-commerce-dan-perlindungan-konsumen/
Utami, S. S. (2010). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN BISNIS. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61-67.
Wardhana, O. H. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).
Widodo, W. (2018). Gender Sebagai Variabel Kontrol: Pengaruh Persepsi Keamanan dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Konsumen Online (Doctoral dissertation).
Yutadi, K. (2014). Pengaruh persepsi privasi, persepsi keamanan, persepsi kepercayaan, persepsi risiko, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan e-commerce (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i2.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nissa Calista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________