Peran Special Event dan Penggunaan Paylater Terhadap Impulse Buying pada Pengguna Aplikasi Shopee

Devi Monica Suci, Nurul Akramiah, Dyajeng Puteri Woro Subagio

Abstract


Pola gaya hidup pada masyarakat yang senang berbelanja secara online ketika mendapatkan promo dan didukung dengan inovasi dalam metode pembayaran yang lebih mudah dan praktis mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian secara impulsif. Masyarakat menjadi lebih konsumtif, tidak bisa lagi membedakan kebutuhan dengan keinginannya dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran special event dan penggunaan paylater terhadap impulse buying pada pengguna aplikasi Shopee. Metode penarikan sampel pada penelitian ini dengan Teknik purposive sampling dengan kriteria responden yang memiliki aplikasi Shopee dan mengaktifkan fitur paylater dan dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil uji Fhitung sebesar 12,808 > Ftabel 3,10 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diketahui bahwa Special Event dan Paylater berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap impulse buying. Hasil R square dalam penelitian ini menunjukkan bahwa special event dan paylater mempengaruhi impulse buying sebanyak 63% sementara 37% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas peneliti dalam penelitian ini.


Keywords


Special Event; Paylater; Impulse Buying

References


Padmasari, D., & Widyastuti, W. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 10).

Ariyanti, L., & Setyo Iriani, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491–508. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.58

Afra Khairunnisa, S., Rahman, M. C., Apriyanti, C., Putri, D. O., & Fajrussalam, H. (2022). Perilaku Konsumtif Penggunaan Online Shopping Dan Sistem Pay Later Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 130–147. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

Aftika, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater “Bayar Nanti” Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mh, Novia, and Harmon Harmon. (2016) "Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying pada Fashion Business di Kota Bandung." Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, vol. 2, no. 3, 2016, pp. 121-133, doi:10.35697/jrbi.v2i3.97

Evidayanti, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulsive Buying Pada Tokopedia Oleh Masyarakat Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Devica, S. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan , 06(01), 33–42.

Miranda, N., Putri, E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount Dan Daya Tarik Iklan Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(2). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Setyorini, Y. D. (2020). Pengaruh Promosi, Kemudahan Akses, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i2.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 devi monica

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________