Pengetahuan Investasi, Modal Minimum, dan Persepsi Keuntungan Terhadap Minat Berinvestasi di Saham

Fauzian Noor, Joko Hadi Susilo, Budianto Budianto

Abstract


Investasi di pasar saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki potensi untuk memberikan keuntungan finansial yang signifikan. Namun, masih banyak individu, termasuk mahasiswa, yang tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup untuk berinvestasi di saham. Latar belakang permasalahan ini mendasari penelitian ini, yang bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat berinvestasi saham di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro yang berada pada semester 5 dan 7. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang memungkinkan pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang relevan dengan penelitian. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik statistik yang sesuai untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, modal minimum, dan persepsi keuntungan terhadap minat berinvestasi di saham. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengetahuan investas, dan modal minimum tidak berpengaruh terhadap minat investasi, sedangkan persepsi keuntungan berpengaruh signifikan terhadap minat investasi dari mahasiswa fakultas ekonomi universitas Bojonegoro.


Keywords


Pengetahuan investasi; modal minimum; persepsi keuntungan; minat investasi; Investment knowledge; minimum capital; perception of profit; investment interest

References


Burhan, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

A. Muri Yusuf, M.Pd. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Siahaan, N.M. (2011). Keuntungan Melakukan Investasi Dalam Surat Berharga. Medan: Universitas Sumatera Utara (USU).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Utomo, W. (2007). Analisis Pengaruh Beta dan Varian Return Saham Terhadap Return Saham. Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana, Universitas Diponogoro.

Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama

Bursa Efek Indonesia. https://www.idx.co.id/id/produk/saham. Akses tanggal 25 Agustus 2023.

Fahmi, Irham. (2012). Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analsis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE UGM, Edisi Kedelapan, Yogyakarta

Lusiana. (2012). Usaha penanaman modal di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mastura Amy, Sri N, & Daris Zunaida. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fia Dan Feb Unisma Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Mengenai Investasi). Jurnal Ilmu Administrasi dan Bisnis. 9.1: 64-75.

Martalena dan Maya Malinda (2011). Pengantar Pasar Modal. Bandung : Andi Yogyakarta.

Rizky C,F. dan Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Dipasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita Edisi 1.

Suharyat, Yayat. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku. Jurnal Region. Vol. I No. 20.

Susilowati, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi di IAIN Surakarta). Skripsi tidak diterbitkan, Surakarta: PPs Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Syahyunan. (2013). Manajemen Keuangan: Perencanaan, Analisis, dan Pengendalian Keuangan. Medan: USU Press.

Timothius Tandio dan A.A.G.P Widanaputra. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 16(3):2316–41.

Resa Komaria. Rully Septia Hardianti. dan Widya Lestari. (2021). Analisis Faktor Pengetahuan, Motivasi dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Riset Ekonomi Vol. 1 No 3 November 2021: IAN Bengkulu.

Erna Taufiqoh, Nur Diana, Junaidi. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investas, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return Dan Literasi Keuangan Terhadap Miant Mahasiswa Berinvestasi Saham Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNIBRAW di Malang). E-Jra Vol. 8 No. 05 Agustus 2019.

Rusli Amrul. & Sofiati Wardah. (2020). Pengaruh Modal Minimal, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal. JBMA Vol VII. 2020.

Theresia Tyas,L. Muhammad Rois., & Slamet Prihati. (2019). Analisis Pengaruh Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Dipasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Securitas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan. Vol 2 No 1 Mei 2019.

Suriana AR. Mahdi, Gregorius Jeandry, Fitria Abd. Wahid. (2020). Pengatahuan, Modal Minimal, Motivasi Investasi dan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di pasar Modal. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen Multiparadigma Vol 1. No 2. 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v9i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 fauzian noor, Joko Hadi Susilo, Budianto Budianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________