PERFORMA STP UNTUK MEMPERTAHANKAN MIND SHARE PADA PRODUK BOLU KERING MAK PLENGEH UD WAHYU JAYA KOTA KEDIRI

Ericha Puspha Ayu Lestari, Sri Aliami, Poniran Yudho Leksono

Abstract


Setiap perusahaan berdinamika melakukan persaingan bisnis dengan menunjukkan inovasi strategi. Bolu kering Mak Plengeh merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh UD Wahyu Jaya. Untuk mempertahankan mind share, perusahaan perlu menerapkan segmenting, targeting, dan positioning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui performa STP untuk mempertahankan mind share pada produk bolu kering Mak Plengeh UD Wahyu Jaya Kota Kediri. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) Segmenting, wilayah Kediri dan Surabaya, laki-laki dan perempuan dengan usia 5-70 tahun, generasi baby boom hingga alpha, kalangan menengah ke bawah, konsumtif, menyukai camilan, dikonsumsi untuk individu dan acara, konsumen puas, serta melakukan pembelian ulang, pemesanan online oleh remaja, offline oleh dewasa. (2) Targeting, distributor dan packaging merupakan segmen pasar yang cukup besar dan menguntungkan, merekrut karyawan bagian kantor yang memiliki skill, sedangkan bagian produksi belum berpengalaman, karakter senyum merupakan kekuatan diferensiasi, perusahaan memberikan pelatihan, briefing, dan evaluasi kinerja rutin, selalu menginovasi produknya, memiliki jumlah produksi yang besar, memberikan pelayanan yang baik, dan konsisten terhadap mutu. (3) Positioning, memberikan tester, informasi perizinan, dan bahan yang digunakan, berusaha agar dapat dijumpai di manapun, serta responsif terhadap pasar.

Keywords: segmenting, targeting, positioning, mind share


References


Assauri, S. (2017) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasan, A. (2014) Marketing. Yogyakarta: Media Pressdindo.

Kartajaya, H. (2004) On Positioning. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kartajaya, H. (2006a) On Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (2007a) On Segmenting. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kartajaya, H. (2007b) On Targeting. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kotler, P. et al. (2005a) Rethinking Marketing. Jakarta: PT Indeks.

Rismawati, F., Wahyuni, S. and Widodo, J. (2018) ‘Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember’, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), p. 68. doi: 10.19184/jpe.v13i2.10793.

Tjiptono, F. and Chandra, G. (2017) Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v6i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ericha Puspha Ayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________