Pengaruh Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kecurangan Akuntansi

Fadhil Yamaly, Sunardi Sunardi, Della Adelia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah yang ada yaitu seberapa besar pengaruh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi dan budaya organisasi terhadap kecurangan akuntansi. Tujuannya untuk mengetahui besarnya pengaruh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi dan budaya organisasi terhadap kecurangan akuntansi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan keuangan yang bekerja pada BUMN Sektor Logistik, Manufaktur, Sektor Pangan dan Pupuk yang Terdapat di kota palembang sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian internal dan kesesuaian kompensasi mempunyai pengaruh terhadap kecurangan akuntansi dan budaya organisasi tidak mempunyai pengaruh terhadap kecurangan akuntansi.


Keywords


Pengaruh Pengendalian Internal; Kesesuaian Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kecurangan Akuntansi

References


Armi Sela. (2014) Pengaruh Pengendalian Internal, Integritas dan Asimetri Informasi Terhadap Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten KuantanSingingi).

Betri. (2020). Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi. Edisi 2, Palembang:Noer Fikri.

Betri. (2020). Pemeriksaan Manajemen. Palembang:Noer Fikri.

Devy Ervina Indriastuti, Agusdin dan Animah. (2016). Analisis Pengaruh Asimetri Informasi, Pengendalian Internal, Persepsi Kesesuian Kompensasi, Moralitas Individu dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecurangan Akuntansi. Jurnal Infestasi. Vol. 12, No. 2. Hal 115-130

Dwiarso, E. Suhartono. (2018) Pengauditan Pengolahan Data Elektronik (PDE). Jakarta: Salemba Empat.

Ichsan Randiza. (2016). Pengaruh Pengendalian Internal, Asimetri Informasi, Moralitas Aparatur Pemerintah dan Ketaatan Aturan Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Kasus Pada SKPD Kab. Indragiri Hilir). Jom Fekon Vol. 3 No. 1 (Februari) 2016.

Ike Abdi Nurjanah dan Mia Angelina Setiawan. (2021). Pengaruh Pengendalian Internal, Moralitas Individu dan Budaya Organisasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pemerintah Desa. JEA. Vol. 3, No. 3, Agustus 2021, Hal 517-528.

Karsam Sunaryo, Irma Paramita S, dan Sifra Raissa. (2019). Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Sistem Pengendalian Internal, dan Keefektifan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal ASET (Akuntansi Riset). Vol. 11. No.1 2019, 71-84.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik).Ed. 1. – Cet. 2. –. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Kristy, R., & Nava, S. (2008), Quality of Internal Control Procedures Antecedents and Moderating Effect on Organizational Just and Employee Fraund. Manajerial Auditing Journal, 23(2), 104-124.

Kundoyo. (2019). Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kecurangan Akuntansi pada Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Vol. 8, No. 12, Desember 2019.

Muhammad Ichsan Siregar dan Mufid Hamdani. (2018). Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Keefektifan Sistem Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, dan Kompetensi Terhadap Fraud (Studi pada Satuan Kerja Vertikal Kementrian Keuangan Provinsi Lampung). Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Mandiri. Volume 9 No. 1 Juli 2018.

Ni Kadek Mita Santini dan Ni Wayan Alit Erlina Wati. (2021). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal, Budaya Organisasi. Dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dalam Pelaporan Pendapatan Untuk Pajak Hotel. Hita Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia. Edisi April 2021.

Ni Komang Linda Lestari dan Ni Luh Supadmi. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal dan Asimetri Informasi Pada Kecurangan Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.21.1. oktober (2017):389-417.

Ni Nyoman Suwarianti dan Ni Komang Sumadi. (2020). Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Pengendalian Internal, dan Ketaatan pada Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Fraud) (Studi Kasus Pada Koperasi Se-Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan). Hita Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia. Edisi April 2021.

Novrita Aulia Rahmi dan Nayang Helmayunita. (2019). Pengaruh Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi. Vol. 1, No 3, Seri A, Agustus 2019, Hal 942-958.

Nursyaibah Eka Putri. (2021). Pengaruh Pengendalian, Integritas, dan Asimetri Informasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Distributor Farmasi Pekanbaru. SNEBA. Volume 1, 2021 Hal. 122-130.

Prekanida Farizqa Shintadevi, (2015). Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku tidak Etis Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Nominal Vol. IV, No. 2, Tahun 2015.

Ryan Muhammad dan Ridwan. (2017). Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kecurangan Akuntansi Studi pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). VOL. 2, No. 4, halaman 136-145.

Rita Anugerah, Azhar. (2014). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Survey pada Perusahaan BUMN Cabang Pekanbaru). JOM FEKON Vol.1 No.2.

Robbins , Stephen P, Judge, Timothy A. & Hasham, E. S. (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P, Judge, Timothy A. & Hasham, E. S. (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Silvia. Yuliani (2018). Pengaruh Perilaku Tidak Etis, Pengendalian Internal, dan Budaya Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. E-Journal Akuntansi Universitas Negeri Padang

Soemarso Slamet. (2019). Etika Dalam Bisnis & Profesi Akuntan dan Tata Kelola Perusahaan. Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Shelby Defiany Alou, Ventje Ilat, dan Hendrik Gamaliel. (2017). Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Moralitas Manajemen, dan Keefektifan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada Perusahaan Konstruksi di Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(1), 2017, 139-148.

Suharsaputra, Uhar. (2018). Metode Penelitian Kauantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Cetakan Ketiga. Bandung: PT Refika Aditama.

Tia Radhiah. (2016). Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, dan Moralitas Indivisu Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia KCU Kota Pekanbaru). JOM Fekon Vol. 3 No. 1 (Februari) 2016.

Tuannakotta, Tuannakotta, T. (2015). Akuntasi Forensik And Audit Investigatif. Edisi II, Jakarta : Salemba Empat.

Wexley, K., & Gary, Y. (2003). Perilaku organisasi dan psikologi personalia. Jakarta : Bina Rupa Aksara

Wibowo, (2016). Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkat Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Wilopo. (2006) Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi : Studi pada Perusahaan Public dan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Siposiom Nasional Akuntansi 9 Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v7i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Della Adelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________