Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Mikro Kota Pasuruan

Nurul Akramiah, Vita Fibriyani

Abstract


Kota Pasuruan merupakan salah satu kota yang memberikan kontribusi cukup terhadap perekonomian Provinsi Jawa Timur, yaitu dalam bidang usaha mikro. Jumlah usaha yang semakin bertambah namun tidak didukung dengan peningkatan daya beli masyarakat menjadi salah satu penyebab ketidakstabilan pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha mikro di Kota Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana objek penelitian adalah usaha mikro yang bergerak di bidang makanan sejumlah 50 unit. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa terdapat pengaruh orientasi wirausaha dan pasar terhadap kinerja usaha mikro di Kota Pasuruan dengan koefisien determinasi sebesar 62.7% sedangkan sisanya 37.3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja usaha mikro dengan koefisien regresi sebesar 0.736 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 sedangkan orientasi wirausaha tidak memberikan pengaruh yang signifikan.   

 

Kata kunci: orientasi wirausaha, orientasi pasar, kinerja, usaha mikro

References


Aji, W. Purnomo. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Daya Saing terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Covin, J. G., and Slevin, D. P. 1989. “Strategic Management in Small Firm in Hostile and Benign Environments”. Strategic Management Journal, 10 (1), p.75-84.

Feifei, Y. 2012. “Strategic Flexibility, Entrepreneurial Orientation and Firm Performance: Evidence from Small and Medium Sized Business (SMB) in China”. African journal of Business Management, 6 (4), 1711-1720.

Ghozali, Imam. 2005. Konsep & Aplikasi dengan Program Amos 16. Semarang: UNDIP.

Hair, J. F., Jr., Rolph, E. A., Ronald, L. T., dan William, G. B. 1995. Multivariate Data Analysis with Reading, Ed. 4. New jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kumalaningrum, M.P. 2012. ”Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Innovation Success, dan Profitabilitas Usaha Kecil dan Menengah”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 23 (1): 13-25.

Narver, John and Stanley, F Slater. 1990. “The Effect of Market Orientation on Business Profitability”. Journal of Marketing, 20-35.

Narver, J. and Slater, S. F. 1994. “Does Competitive Environment Moderate the Market Orientation Performance Relationship”. Journal of Marketing, 46-55.

Lumpkin, G. T., and Dess, G. G. 1996. “Claryfying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance”. Academy of Management Review, 21: 135-172.

Ghozali, Imam, 2011, Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS 17, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jaworski, B.J., & Kohli, A.K., 1993, Market orientation: antecedents and consequences. Journal of Marketing, 57 (3), July, 53-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v3i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________