IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMEN (TQM) MENUJU OPTIMALISASI KEPEGAWAIAN PADA UPT PENGEMBANGAN BENIH HORTIKULTURA (PBH) JAWA TIMUR
Abstract
Optimalisasi kepegawaian merupakan suatu pencapaian hasil kerja sesuai visi dan misi organisasi yang didukung oleh implementasi total quality managemen (TQM) dan kualitas pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi total quality managemen (TQM) terhadap kualitas pegawai dan optimalisasi kepegawaian. Metode penelitian menggunakan bentuk pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel penelitian terdiri dari 45 orang pegawai UPT Pengembangan Benih Hortikultura (PBH) Jawa Timur. Hasil penelitian : 1) Variabel tahap persiapan berpengaruh signifikan terhadap variabel tahap perencanaan dengan nilai path coefficient sebesar 0,834. 2) Variabel tahap perencanaan berpengaruh signifikan terhadap variabel tahap pelaksanaan dengan nilai path coefficient sebesar 0,745. 3) Variabel tahap persiapan berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pegawai dengan nilai path coefficient sebesar 0,842. 4) Variabel kualitas pegawai berpengaruh signifikan terhadap variabel optimalisasi kepegawaian dengan nilai path coefficient sebesar 0,785. 5) Koefisien determinasi total pada model penelitian adalah 0,897 atau dengan kata lain informasi yang terkandung dalam model sebesar 89,7%.
Kata Kunci: Optimalisasi kepegawaian, total quality managemen (TQM), kualitas pegawai
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.Bandung.
Cortada, J.W. 1993. TQM for Sales and Marketing Management. New York: Mc Graw-Hill, Inc.
Garvin, D.A. 1988. Managing Quality. New York: The Free Prees.
George, S. and A. Weimerskirch. 1994. Total Quality Management. New York: John Wiley & Sons,, Inc.
Goetsch, D.L. & Davis, S. 1994. Introduction to Total Quality: Quality, Productuvity, Competitivenes. Englewood Cliffss, NJ: Prentice Hall Inter, inc.
Hafied, H. 2013. Implementasi Total Quality Managemen (TQM) Menuju World Class University (WCU).
Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 11, No. 1, pp. 95-104.
Pawitra, T. Kepuasan Pelanggan Sebagai Keunggulan Daya Saing: Konsep, Pengukuran, dan Implikasi Stratejik. 1993. Jurnal Manajemen Prasetiya Mulya. Volume 1, No. 1, pp. 1-9.
RENSTRA SKDP Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019 tentang Isu-isu Strategis.
Ridwan. 2007. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. C.V. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. C.V. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, F & Diana, A. 2001. Total Quality Management. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, F & Chandra, G. 2011. Service, Quality, & Satisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.
Trihendradi, C.2012. Step by Step SPSS 20. Andi Offset. Yogyakarta.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. PT Raja Grafinda Persada. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v1i1.3
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)
____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________