ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUKPT. KARUNIA SENTOSA PLASTIK

Muhammad Fauzani, Nurul Akramiah, Bambang Sutikno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui faktor eksternal untuk meningkatkan bisnis PT. Karunia Sentosa Plastik, 2) Mengetahui faktor internal untuk meningkatkan bisnis PT. Karunia Sentosa Plastik, 3) Mengetahui strategi pemasaran yang harus dilakukan PT. Karunia Sentosa Plastik dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini digunakan untuk menentukan keadaan perusahaan saat ini dan menentukan strategi perusahaan yang dapat digunakan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan agar perusahaan dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini dilakukan pada PT. Karunia Sentosa Plastik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis SWOT yang diukur dari factor eksternal dan internal. Hasil yang di dapat dari EFAS dan IFAS ialah PT. Karunia Sentosa Plastik berada pada kuadran I yaitu situasi yang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dapat dilakukan ialah bekerja sama berkelanjutan dan permanen dalam hal pemasok atau suplier bahan baku, penciptaan sesuatu yang baru sebagai hal yang unik dan berbeda dan meningkatkan segmentasi pasar. Strategi yang dapat digunakan perusahaan ialah pengembangan produk, pengembangan pasar.

Kata kunci: Pemasaran, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT


References


Alma, Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Bilung ,Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda pada CV. Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Bisnis. (online), ISSN 2355-5408, (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/02/jurnal%20Septi%20(02-11-16-05-36-45).pdf, diakses 09 Mei 2018).

Dwi Tri R. 2016. Penerapan Analisis SWOT dalam Perumusan Strategi Bersaing pada Eddy Jaya Photo. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. (Online), Volume 5, Nomor 2, (https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/viewfile/1638/1599, diakses 26 April 2018).

David, F.R. (2010). Manajemen Srategis. Buku 1, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip pemasaran. Jilid 1, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Nur Afrillita T. 2016. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. eJournal Adminsitrasi Bisnis. (online), Volume 1, Nomor 1, (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/03/jurnal%20lita%20pdf%20(03-19-13-03-27-28-).pdf, diakses 26 April 2018).

Rangkuti, Freddy. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahmayati HM. 2015. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimatan Timur. Jurnal Galung Tropika. (online), ISSN Online 2407-6279, (http://www.jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/download/28/30, diakses 08 Mei 2018).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tamara, Angelica. 2016. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. (online), Vol 4 ,No.3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan 2016: 395-406, ( https://media.neliti.com/media/publications/128155-ID-implementasi-analisis-swot-dalam-strateg.pdf, diakses 22 Agustus 2018).

Tjiptono, fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregerius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v3i2.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________