Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa
Abstract
Gaya hidup digital merupakan sebuah fenomena bagi masyarakat milenial dewasa ini, salah satunya adalah maraknya penggunaan fitur pay later sebagai salah satu sarana transaksi perdagangan online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antara literasi keuangan, gaya hidup, sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi sebagai pengguna Pay Later dengan locus of control sebagai variabel antara. Sampel penelitian adalah 119 mahasiswa STIE Malangkucecwara pengguna Pay Later. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung literasi keuangan, gaya hidup dan locus of control terhadap perilaku pengelolaan keuangan; (2) Tidak terdapat pengaruh langsung sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan; (3) Locus of control dapat memediasi literasi keuangan, gaya hidup dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Berarti terdapat pengaruh yang tidak langsung. Kesimpulannya adalah mahasiswa perlu diberikan literasi keuangan dalam mengelola keuangan bulanan mereka, khususnya yang memilih aplikasi Pay Later dalam membeli barang-barang kebutuhan, agar terhindar dari jerat hutang dan cicilan yang menumpuk. Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian Maulani (2019), Cahyani (2022), Rizkiawati dan Asandimitra (2018), Mufidah (2018), Lukiastuti dan Pradinityas (2019).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bank Banten. (2023). P Gubernur Banten Launching awara Mobile Bank Banten. Tersedia pada https://www.bankbanten.co.id/p-gubernur-banten-launching-awara-mobile-bank-banten/
Bank Indonesia. (2020). Apa Itu Uang Elektronik. Tersedia pada https://www/bi.go.id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx
Cahyani, Novia Regita. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Locus of Control, Income, dan Hedonism Lifestyle Terhadap Financial Management Behavior Generasi Z. urnal Ilmu Manaemen, 10(2). https://doi.org/10.26740/im.v10n2.p420-432
CNN Indonesia. (2022). Beda Paylater, Pinjol, dan Kartu Kredit. Tersedia pada https://www.cnn.indonesia.com/ekonomi/20220511104028-78-795357/beda-paylater-pinjol-dan-kartu-kredit
Dewanti, V. P., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh Financial Socialization, Financial Knowledge, Financial Experience terhadap Financial Management Behavior dengan Locus of Control sebagai Variabel Mediasi pada Pengguna Paylater. urnal Ilmu Manaemen, 9(3), 863875. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p863-875
Eka Kholifatulhidayah. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perubahan Sosial. Tersedia pada https://www.kompasiana.com/ekakholifatulhidayah07/5d08db0a097f36089150d7a3/pengaruh-era-digital-terhadap-perubahan-sosial
Finder. (2022). Study Shows Singaporeans Are More Financially Literate Than They Think. Tersedia pada https://www.finder.com/sg/singaporeans-more-financially-literate-than-they-think
Khoirunnisa, I. R., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendidikan Keuangan Keluarga Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 210219. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p210-219
Kompas.com. (2015). OJK: Orang Indonesia Makin Konsumtif. Tersedia pada https://money.kompas.com/read/2015/08/08/110746226/OK.Orang.Indonesia.Makin.Konsumtif
Latifiana, D. (2016). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah ( UKM). African Journal of Economy and Management Studies, 5(1), 5.
Mufidah, Irli Zamil Zakiyatul. (2018). Pengaruh Locus of Control, dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Undergraduate thesis, STIE Peerbanas Surabaya
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274
Pramedi, A. D., & Haryono, N. A. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Financial Knowledge, Financial Attitude, Income dan Financial Self Efficacy terhadap Financial Management Behavior Entrepreneur Lulusan Perguruan Tinggi di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 572. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p572-586
Prihastuty, D. R., & Rahayuningsih, S. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Financial Attitude, Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif ( Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ). Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(02), 121134.
Rizkiawati, N. L. dan A. N. (2018). Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control dan Financial Self Efficacy terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 3, 6(2010), 93107.
Septi Maulani. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Aktif Semester Genap Tahun 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i1.312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rina Irawati, Sherlyn L.E. Kasemetan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________