PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK TAS “SOPHIE MARTIN PARIS”

Mamik Zulviani, Nurul Akramiah, Eva Mufidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli
produk tas Sophie Martin Paris. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Universitas Merdeka Pasuruan
Angkatan Tahun 2017 sebagai objek penelitiannya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa
Universitas Merdeka Pasuruan Angkatan Tahun 2017 yang berjumlah 300 orang. Metode pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling (non probability) dengan kriteria yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu, mahasiswa yang pernah membeli produk tas “Sophie Martin Paris”, dengan jenis kelamin laki-laki atau
perempuan, usia dari 18 – 24 Tahun, dan semua mahasiswa prodi Angkatan Tahun 2017. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendapat Arikunto (2004:30), penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 10% dari total populasi yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan
sehingga diperoleh 30 orang sebagai sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji
validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji linieritas, uji signifikan
simultan, uji signifikan parsial, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa citra merek dan harga baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli. Variabel citra merek, dan harga mampu menjelaskan variabel minat beli sebesar
69,7%, sedangkan sisanya sebesar 30,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian.


References


Laksana, Fajar.2008. Manajemen Pemasaran : Pendekatan Praktis. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. Andi.Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I. Prenhallindo.Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Erlangga.

Jakarta.

Swatha, B. 2010. Manajemen Pemasaran, analisa prilaku konsumen. Edisi pertama. Cetakan ketiga.

Yogyakarta.

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Semarang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ikanita Novirina Sulistyari. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap

Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan

Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). 2012. Diponegoro Journal Of Management

Vol. 1 No. 1.

Miki Ambarwati. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada

Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). 2015. Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 25 No. 1.

Ruri Putri Utami. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di

Pasar Sambas Medan. 2017. Jurnal Niagawan Vol.6 No. 2 Oktober 2017 p-ISSN : 2301-7775

e-ISSN : 2579-8014.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v4i1.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________