Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pemandian Wisata Alam Banyubiru

Rofina Fitria Malisti, Paring Wahyudi, Sri Hastari

Abstract


Kawasan wisata Pemandian Alam Banyubiru sebagai salah satu aset pariwisata di Kabupaten
Pasuruan yang perlu diperhatikan mengingat kawasan wisata ini memiliki daya tarik alami yang tidak
dimiliki oleh obyek wisata sejenis.Oleh sebab itu, perlu diketahui pengaruh atribut produk wisata
terhadap keputusan berkunjung pada wisata pemandian alam Banyubiru Pasuruan.Populasi pengunjung
rata-rataperbulan Januari 2018 hingga Maret 2018 berjumlah 10.850 dan didapatkan sampel sebesar 99
pengunjung. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda sebagai teknik analisis data. Dari hasil
penelitian ditemukan sebesar 12,4 % keputusan berkunjung dijelaskan oleh variabel daya tarik wisata,
fasilitas, dan aksesibilitas. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Keseluruhan perolehan hasildapat disimpulkan bahwa atribut produk wisata
berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan berkunjung di Banyubiru. Hal ini
berarti semakin tinggi atribut produk wisata yang diberikan maka semakin meningkatkan dalam
keputusan berkunjung.


Kata Kunci : atribut produk wisata, keputusan berkunjung, Banyubiru


References


Bayu, Sutrisno. 2013. Pengaruh Atribut Produk Wisata Tirta Terhadap Keputusan Berkunjung

di Water Park Bojongsari Indramayu. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least

Square (PLS). edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2012. PrInciples of Marketing ; 14th edition. New Jersey:

Prentice Hall.

Oka, A. Yoeti. 2003. Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramitha.

Oka, A. Yoeti. 2006. Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya

Paramita.

Oka, A. Yoeti. 2005. Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT.

Pradnya Pramita.

Oka, A. Yoeti. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Penerbit

Kompas. Jakarta

Suwantoro, Gamal, SH. (2007). Dasar - dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v4i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email [email protected]

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________