Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Mariatul Kiptiyah, A. Ratna Pudyaningsih, Yufenti Oktafiah

Abstract


Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan
pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas jasa,
barang, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.Pemberian
jasa baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta kepada masyarakat, dengan atau tanpa pembayaran guna
memenuhi kebutuhan dan atau kepentingan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menjelaskan pengaruh Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten
Pasuruan secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat dalam peneribitan Surat Izin Mendirikan Bangunan
(IMB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pelayanan Publik berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Masyarakat t hitung > t tabel yaitu 3,379>1,67943 dan signifikan yaitu 0,002< 0,05. Hasil
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal Dan
Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam penerbitan Surat Izin
Mendirikan Bangunan (IMB). Sesuai dengan kesimpulan, maka disarankan kepada Dinas Penanaman Modal
Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan guna meningkatkan kepuasan masyarakat, sebaiknya setiap
anggota karyawan lebih meningkatkan kerjasama antar bidang satu dengan bidang yang lainnya saling
berkerja sama dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena kerjasama merupakan kunci
keberhasilan dalam mencapai kepuasan masyarakat.


Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat.


References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bupati Pasuruan. 2016. Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan No.16 Tentang Pembentukan &

Sususan Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2016 No.8,

Tambahan Lembaran Daerah No.290. Pasuruan.

DPMPT. 2018. Potensi Dan Peluang Investasi Di Kabupaten Pasuruan. Pasuruan: Segitiga Emas.

Dwi, Yuni. 2008. Paduan Praktis Mengurus IMB Rumah Tinggal. Yogyakarta: Andi Offset.

Dwiyanto, Agus. 2011. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif Dan Kolaboratif.Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Gama, Dhion. dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal

Administrasi Publik (JAP). No 12 Vol 3 2016.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB.

Indriani, Delly. 2017. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap KepuasanMasyarakat: Studi Kasus Izin

Produksi Pangan Industri Rumah Tangga Di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Batu.

Jurnal Ilmu Sosialdan Ilmu Politik. No 2 Vol 6 2017.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: Persada.

Kumorontomo. 2006. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT.Prehallindo.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2010. Manajemen Pelayanan di Indonesia.Jakarta: Bumi Aksara.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metodologi Penelitian.Kudus: Universitas Muria.

Riduwan. 2013. Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi,

Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ainurahman, Ahmad. 2010. Manajemen Pelayanan Publik: Implementasi Pelayanan Publik. Jakarta:

PT. Elex Media komputindo.

Republik Indonesia. 2004. Peraturan Depatemen Dalam Negeri Tahun 2004 Tentang Pengembangan

Kelembagaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Jakarta.

. 2006. Peraturan Menteri Dalam Negeri Pasal 1 ayat (8) Tentang Pedoman Penyelenggaraan

Pelayan Terpadu Satu Pintu. Jakarta.

Ratminto.2005. Manajemen Pelyanan. Yogyakarta: Pustaka Pelayanan.

Rezha, Fahmi. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.

, Jurnal Administrasi Publik (JAP), No 5 Vol 1 2014.

Sinaga, Juli Omar. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam

Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan

Nongsa Kota Batam. 2016. JurnalAkuntansi, Ekonomi dan Manajemen. 2016, No 1 Vol 4

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Susila, Linda Nur. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Kelurahan Terhadap

Kepuasan Masyarakat Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. 2010, Journal

of Rural and Development, No 1 Vol 1 2010.

Sutedi, Adrian. 2015. Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v4i1.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________