PENGARUH PROMOSI DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CV. RIMA JAYA DI PASURUAN

Rohmad Sholeh Zulfikar, Bambang Sutikno, Sri Hastari

Abstract


Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, membuat perusahaan berusaha mencari rencana untuk berinovasi dalam memasarkan produknya. Dalam keunggulannya produk kue sistik mempengaruhi keputusan pembelian yang banyak diminati permintaan konsumen selau diutamakan dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue sistik juga berkualitas. Hal ini menjadi keuntungan bagi CV. Rima Jaya untuk menambah jumlah produksi kue sistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan cita rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Rima Jaya Di Pasuruan, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode angket. Dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat korelasional. Sebagai obyek populasinya adalah konsumen yang membeli di CV. Rima Jaya. Teknik pengambilannya menggunakan kuesioner dan jawabannya menggunakan skala likert dengan lima kategori. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Acindental Purposive Random Sampling. Analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumi Klasik, dan Analisis Regresi Linear Berganda. Populasi yang digunakan dam penelitin ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk kue sistik di Pasuruan dengan jumlah sampel yang bisa digunakan dalam penelitian yaitu 2 (jumlah variabel bebas) dikalikan dengan 20 jadi ada 40 sampel sebagai responden untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Promosi dan cita rasa terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Rima Jaya di Pasuruan, dibuktikan dengan nilai thitungsebesar 8,004 dan nilai signifikansi sebesar 0,000;(2) Promosi terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Rima Jawa di Pasuruan, dibuktikan dengan nilaithitungsebesar2,177 dan nilai signifikansi sebesar 0,036; (3) Cita rasa terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Rima Jaya di Pasuruan, dibuktikan dengan nilaithitung sebesar 6,129 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.


Keywords


Promosi; Cita Rasa; Keputusan Pembelian

References


Drummond, K., & Brefere, L. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary. New Jersey: Jon Wiley & Sons Inc.

Engel, James F, et.al. Consumer Behavior. Jakarta: Binarupa Aksara, 2001

Kotler dan Amstrong , G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. 2013. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip,. & Keller, Kevin. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Kencana. Jakarta.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. 2004. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

Sharuddin, M.R., Mansor, S.W., Elias, S.J. 2011. Food Quality Attibutes Among Malaysia’s Fast Food Customer. International Business and Management. Vol. 2, No. 1. 2011.

Sistaningrum. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius..

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. 2008. Psikolog Kognitif. Jakarta: Erlanggga.

Tjiptono, F. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2012. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa -Prinsip Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wade, C., & Travis, C. 2007. Psikologi edisi 9 jilid I. Jakarta: Erlangga.

WJS. Poerwadarminta. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v7i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rohmad Sholeh Zulfikar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________