PENGARUH PRODUKSI HASIL LAUT TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM OLAHAN IKAN

Akhlis Priya Pambudy, Ali Fathoni

Abstract


Prospek pembangunan perikanan dan kelautan Kabupaten Lamongan dinilai sangat bagus dan menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang strategis. Di wilayah perairan laut Lamongan terdapat beberapa jenis ikan bernilai ekonomis tinggi antara lain: tuna, kerapu, udang, tongkol, tenggiri, kakap, cumi-cumi dan rajungan. Namun, sayangnya potensi lautan yang sangat luas ini belum dimaksimalkan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi hasil laut serta kontribusinya terhadap pertumbuhan UMKM olahan ikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Kabupaten Lamongan memiliki industri perikanan tangkap terbesar di Jawa Timur. Kontribusi hasil laut terhadap kesejahteraan masyarakat Lamongan adalah dengan meningkatnya jumlah produktifitas hasil laut memberikan pengaruh positif bagi masyarakat khususnya nelayan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini terlihat dari naiknya jumlah UMKM olahan ikan di Kabupaten Lamongan sebanyak 67% di wilayah pantura. Beberapa produk olahan hasil laut adalah ikan asap, tepung ikan, abon, petis, terasi, pindang, bakso, dan kupas rajungan.

 

Kata kunci: Hasil Laut, UMKM, Olahan.


References


Badan Pusat Statistik 2015. Lamongan Dalam Angka. Lamongan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan.

Arif Satria. 2002. Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo.

Bagong Suyanto & Karnaji. 2005.Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial: Ketika Pembangunantak berpihak kepada rakyat miskin. Surabaya: Airlangga University Press.

Dahuri, R. 2001.Menggali Potensi Kelautan danPerikanan dalam Rangka PemulihanEkonomi Menuju Bangsa Indonesiayang Maju, Makmur dan Berkeadilan.Makalah pada acara temu akrab CivaFPi, tanggal 25 Agustus 2001. Bogor.

Dahuri, R. 2002.Modul Sosialisasi dan Orientasi Penataan Ruang Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. S.l.: Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur. 2014. Statistik Perikanan Tangkap Provinsi Jawa Timur Tahun 2013.

Kusnadi. 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung, Humaniora.

Lubis, Ernani. 2012. Pelabuhan Perikanan. Bogor. IPB Press.

Ma'ruf, W.F. & Agus H.P. Perikanan Laut Melalui Penerapan UU 32/2004. Makalah Semiloka "Konsep Pembangunan Perikanan dan Kelautan. Propinsi Jawa Tengah dalam rangka Implementasi UU 32/2004". Semarang: 25-27 Maret.

Pemerintah Kabupaten Lamongan. 2015. Gambaran Umum Kabupaten Lamongan.

Supriharyono. 2000. The Problem of Coastal And Marine Resources Management in Indonesia. Journal of Coastal Development Vol 4 No.1, October 2000 P: 41-49.

Sukmadinata,N.S. 2005. Metode Penelitian Penelitian. Cetakan ke 7. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v2i2.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________