Pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan UMKM Batik Tulis New Colet Jombang

Siti Ulandari Saibudin, Nugroho Mardi Wibowo, Yuyun Widiasuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh customer relationship management dan service quality terhadap loyalitas pelanggan UMKM Batik Tulis New Colet Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan UMKM Batik Tulis New Colet Jombang dan sampel 35 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial atau uji t diketahui bahwa customer relationship management tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan service quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.


Keywords


Customer Relationship Management; Service Quality; Loyalitas Pelanggan

References


Alfajri, M. R., & Wardhana, A. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Tiket.Com (Survey Pada Pengguna Tiket.Com Di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 21(2), 6325–6332.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.).

Kumalasari, R. A. D., Al-fajri, H., & Pradana, M. (2021). Efek Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan UMKM The Effect of Service Quality and Trust on MSME Customer Loyalty. Jurnal Inspirasi.

Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262

Rizan, M., & Prasetya, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Survei Terhadap Pengguna Laptop Merek Toshiba Dan PENGGUNA LAPTOP MEREK ACER). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 1–20.

Rizqiningsih, D. U., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Starbucks Coffee Kota Surabaya). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 242–256. https://doi.org/10.33059/jseb.v12i2.3351




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v7i2.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nugroho Mardi Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________