ANALISIS PENETAPAN HARGA, PROMOSI DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CAMILAN

Bagus Robyanto, Nurul Akramiah, Ratna Pudyaningsih

Abstract


Kegiatan usaha kecil baik pada sektor tradisional ataupun modern sedang di galakkan oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan UMKM dinilai memiliki peran yang cukup besar dalam memberikan kontribusi untuk bertumbuhnya ekonomi. Namun seiring dengan berbagai pencanangan mengenai pentingnya UMKM masih belum adanya tindak lanjut lagi oleh pemerintah kepada produsen dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dinilai utama bagi pengusaha UMKM.Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis penetapan harga, promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian. Populasi dan sampelnya adalah konsumen Toko Eka Septia Kota Pasuruan yang berjumlah 33 responden. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji signifikansi parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi. Dari hasil uji t menunjukkan analisis penetapan harga, promosi dan kemasan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 85,2%. Dari hasil analisis bahwa t hitung analisis penetapan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 2.171 > 1.310. Sedangkan untuk t hitung analisis promosi terhadap keputusan pembelian sebesar -3.586 < 1.310. Dan untuk t hitung analisis kemasan terhadap keputusan pembelian sebesar 2.304 > 1.310. Saran untuk Toko Eka Septia Kota Pasuruan untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari kegiatan promosi guna meningkatkan penjualan serta memberikan berbagai inovasi mengenai penetapan harga, promosi dan kemasan untuk dapat memberikan kontribusi dalam menigkatkan keputusan pembelian produk.

Kata Kunci: harga, promosi, kemasan, keputusan pembelian


References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Ed Revisi VI. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Produser Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (EdisiRevisi 2010). Jakarta:Rineka C.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran: Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengn Program SPSS.Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip dan Kevin L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.Erlangga: Jakarta

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. Edisi pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta

Swastha B. dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. BPPE. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v3i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal EMA




____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________