PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Abstrak
Persaingan bisnis yang semakin kompetitif, menuntut perusahaan untuk semakin gencar dalam melakukan pemasaran untuk memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada konsumen Distributor MS Glow Batu. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria konsumen yang membeli MS Glow lebih dari satu kali di Distributor MS Glow Batu dan konsumen yang terdaftar dan masih aktif di Distributor MS Glow Batu selama periode 2020-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan. Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan. Kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser, brand image dan kepercayaan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Distributor MS Glow Batu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker, D.A dan Biel. 2013. Brand Equity dan Advertising’s Role in Building Strong Brands. New jersey : Psychology Press.Andi.
Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management, Yogyakarta: ANDI,
C. Mowen, John., Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pop Pada Dealer Cempaka Motor Kliran Jao Kabupaten Sijunjung. Jurnal Repository, Vol.1 No. 4
Dewa, CB (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian wisatawan Yogyakarta pada produk oleh-oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen , 8 (1), 1-9.
Effendy, F. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo dengan Intervening Brand Image. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 11(2), 163-180.
Indriantoro, Nur, & Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, BPFE, Yogyakarta.
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Phillip & Amstrong, Gery. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lestari, M., & Wahyono, W. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image. Jurnal Analisis Manajemen , 10 (2), 198-211.
Melati Bunga Pertiwi, 2013, Pengaruh Celebrity Endoser, Brand image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pembalut Softex di Semarang, jurnal Dinus University, 4 Mei 2017
Peter, P.J. dan J.C. Olson. 2010. Customer Behavior and Marketing Strategy. The Mc Graw-Hill. New York.
Rao, Purba. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis,The Asian Manager (February-March).
Rici, Septasari, 2017, Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Atribut Produk
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks Swasta, Basu dan Irawan, DH. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta : Liberty Offset.
Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.
Shimp, T.A. (2003). “Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu”,Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2010. Metode PenelitianKuantitatif Kualitatif dan Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode PenelitianKuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:
Wiryawan, D., dan Pratiwi, A. 2009. ”Analisis Pengaruh Selebriti Endorser terhadap Brand Image pada Iklan Produk Kartu Prabayar XL Bebas di Bandar Lampung”. Jurnal Bisnis dan Manajemen 5 (3).
Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop MAYOUTFIT Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 6 (1), 43–57. http://dx.doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648.
DOI: http://dx.doi.org/10.47335/ema.v7i1.171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 esthi putri ardiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com
Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________