Kepuasan Pengguna Sambungan Baru Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Perumdam Muara Tirta Gorontalo

Erwin Makuta, Moh. Afan Suyanto, Deby R. Karundeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, keterikatan emosional dan harga terhadap loyalitas pelanggan baru pada PERUMDAM Muara Tirta Gorontalo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari pengisian kuisioner. Populasi penelitian adalah berjumlah 75 orang responden dengan menggunakan metode insidental. Tehnik analisis yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian dan menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak Statistical Product Service Solution (SPSS). Temuan penelitian ini adalah (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan, (3) keterikatan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (4) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Keterikatan Emosi; Harga; Loyalitas Pelanggan;Product Quality; Service quality; Emotional Attachment; Price; Customer loyalty

References


Arianto, N., & Febrian. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Gv. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/20135

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Mansur, H., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Atribut Produk Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (studi pada Gorontalo Post). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 725–742. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.640

Palilati, A. P., Umar, Z. A.,& Niode, I. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 534–542. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/16492/5198

Panjaitan, J. E.,& Yulianti, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289.

Poha, F. R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 86–104. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.336

Rohana, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–32. https://doi.org/https://doi.org/10.1529/jtbb.v1i1.6404

Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1792

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI.

Widodo, W., & Kumala, M. C. (. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/ema.v8i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erwin Makuta, Moh. Afan Suyanto, Deby R. Karundeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi (Jurnal EMA)
ISSN Print : 2548-9380
ISSN Online : 2549-2322
Published by Universitas Merdeka Pasuruan
Managed by Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Email fe.unmerpas68@gmail.com

Creative Commons License

Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________